Kejam, Iran Akui Tembak Jatuh Pesawat Ukraine Airlines, Tewaskan 176 Penumpang & Kru

Iran menyatakan bahwa penembakan terhadap pesawat komersil Ukraine International Airlines tidak sengaja, karena mengira pesawat akan lakukan serangan.

Radamuhu.com – Militer Iran menyatakan bahwa pihaknya tidak sengaja menembak jatuh pesawat Ukraine International Airlines dengan nomor penerbangan PS752, karena salah mengira pesawat akan melakukan serangan.

Militer Iran menyebut kesalahan tersebut karena faktor manusia, demikian bunyi pernyataan resmi yang dirilis Press TV, seperti dilansir cnnIndonesia.

Pada Rabu (8/1/2019) pagi,  menewaskan seluruh 176 penumpang dan kru. Pilot dilaporkan tidak mengirimkan pesan radio terkait kemungkinan kerusakan pesawat.

Sebelumnya kepala penerbangan sipil Iran Ali Abedzadeh menyatakan pesawat jatuh bukan karena ditembak rudal mereka. “Satu hal yang pasti, pesawat ini tidak terkena rudal,” kata Abedzadeh pada Jumat (10/1) kemarin.

Setelah insiden tersebut, pejabat pemerintah Amerika Serikat menyatakan bahwa pesawat ditembak oleh dua rudal buatan Rusia secara tidak sengaja.

Insiden pesawat Ukraina jatuh ini terjadi ketika ketegangan antara Teheran dan Washington kembali memanas terutama setelah serangan drone AS menewaskan jenderal Iran, Qasem Soleimani, di Irak.

KOMENTAR
0 Shares
Tweet
Share
Share
Pin