1 Penumpang Jakarta-Sorong Positif Corona, Awak Garuda GA 682 Jalani Karantina

146 Shares

“Garuda Indonesia juga telah menjalankan prosedur protokol kesehatan terhadap armada serta awak kabin yang bertugas pada penerbangan tersebut, melalui prosedur disinfeksi armada dan karantina mandiri,” jelasnya.

Radamuhu.com — Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menanggapi kabar penumpang Garuda rute Jakarta-Sorong positif Corona (COVID-19). Irfan memastikan pihaknya berkoordinasi terus dengan seluruh pihak terkait.

“Sehubungan dengan informasi yang menyebutkan adanya penumpang positif COVID-19 di penerbangan Garuda Indonesia, rute Jakarta-Sorong, GA 682, pada hari Sabtu (27/6), dapat kami sampaikan bahwa Garuda Indonesia bersama-sama dengan stakeholder terkait terus melakukan koordinasi dan komunikasi intensif mengenai tindak lanjut atas kondisi tersebut guna memastikan prosedur protokol kesehatan penerbangan pada masa transisi new normal berjalan dengan optimal,” kata Irfan dalam keterangan persnya yang diterima, Minggu (28/6/2020).

Baca juga : Pemkot Jayapura Kewalahan Cari Tempat Perawatan Pasien Corona

Irfan juga memastikan pesawat yang ditumpangi penumpang berinisial WY itu sudah mengikuti protokol kesehatan Corona. Dia juga mengatakan awak kabin yang bertugas saat ini sedang menjalani karantina mandiri.

“Garuda Indonesia juga telah menjalankan prosedur protokol kesehatan terhadap armada serta awak kabin yang bertugas pada penerbangan tersebut, melalui prosedur disinfeksi armada dan karantina mandiri,” jelasnya.

“Penerbangan GA 682 rute Jakarta-Sorong dioperasikan dengan penerapan physical distancing, dimana tingkat isian penumpang berkisar di angka 62 persen dari total kapasitas pesawat,” tambahnya.

Dia juga menegaskan seluruh penumpang Garuda pada penerbangan itu sudah memenuhi persyaratan kesehatan sebagaimana aturan yang ditentukan Gugus Tugas COVID-19. Garuda, kata Irfan, juga terus bersinergi dengan setiap pihak guna memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan optimal untuk kenyamanan penumpang.

“Perlu kiranya kami sampaikan bahwa seluruh penumpang Garuda Indonesia pada penerbangan tersebut telah memperoleh validasi dan clearance dari otoritas, terkait perihal pemenuhan persyaratan protokol kesehatan bagi penumpang yang akan melakukan penerbangan, mengacu pada ketentuan dari Gugus Tugas COVID-19,” jelasnya.

Diketahui, WY penumpang pesawat Garuda Indonesia yang tiba di Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, Papua Barat, dinyatakan positif virus Corona. Penumpang tersebut diketahui positif Corona setelah petugas mengecek dokumen kesehatan.

Baca juga : Biadab, KKB Tembak 2 Tim Gugus Tugas COVID-19 Papua, 1 Tewas dan 1 Kritis

Dikutip dari Antara, Minggu (28/6), saat penumpang tiba di Bandara Domine Eduard Osok Sorong pada Sabtu (27/6), petugas mengecek dokumen perjalanan. Berdasarkan hasil tes polymerase chain reaction (PCR) yang dikeluarkan Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, penumpang itu dinyatakan positif COVID-19. Siswa Program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) berinisial WY diketahui berasal dari Kabupaten Sorong Selatan.

Menurut informasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sorong, penumpang tersebut sementara akan menjalani karantina di Gedung Diklat Kampung Salak. (Sumber Detikcom).

KOMENTAR
146 Shares
146 Shares
Tweet
Share146