Ibas Puji Ekonomi Era SBY, Tapi Lupa Sebut Proyek Mangkrak yang Rugikan Negara Triliun Rupiah

Pernyataan Ibas  meroketnya  ekonomi di masa SBY jadi membingungkan. Rugi triliun rupiah kok bisa meroket? Silakan dijawab ya? (Adam Nusantara).

Radamuhu.com — Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas anak bungsu Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, memberikan pujian kepada bapaknya sendiri sebagai presiden paling top dalam menjaga kestabilan ekonomi dimasa pemerintahan SBY selama 10 tahun sejak 2004-2014.

Pujian ini diberikan Ibas karena merasa perekonomian di masa pemerintahan Jokowi memiliki banyak tantangan seperti pandemi Covid-19, ekonomi, pembangunan kesejahteraan masyarakat, dan lain sebagainya. Dan menurut Ibas masa SBY masa dimana perekonomian bangsa terus meroket.

Baca juga : SBY: Malu, Jika Sekarang Nafsunya untuk Dapatkan Kekuasaan di 2024

Ibas juga dengan penuh percaya diri mengatakan tingkat kemiskinan dan pengangguran di era SBY begitu terkendali alias terjaga. Puja puji ini disampaikan Ibas pada hari Kamis, (06/8/2020), di hadapan anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI.

Begini kata Ibas : “Alhamdulillah, kita pernah membuat itu. Ketika zaman mentor kita Pak SBY selama 10 tahun, ekonomi kita meroket, APBN kita meningkat, utang dan defisit kita terjaga”.

Ibas bahkan dengan tegas menghujam jantung pemerintah hari ini bahwa rakyat membutuhkan bukti bukan janji. Lanjut Ibas: “Rakyat perlu bukti, bukan janji”.

Yang ibas sampaikan diatas sangat jelas  ibas ingin menegur Jokowi supaya ekonomi hari ini harus meroket seperti zaman bapaknya. Padahal saat ini satu dunia juga tau bahwa kita sedang menghadapi pandemi Covid-19, dan bukan saja Indonesia yang terkena dampak dari pandemi ini, tapi seluruh dunia.

Coba Ibas kasih solusi yang tepat kepada pemerintah, agar dapat kembali bangkit di masa pandemi ini. Bukan membanding-bandingkan antara bapaknya dan Jokowi.

Ibas seharusnya bersyukur bahwa ditengah pandemi Covid-19 seperti ini, pemerintah tetap mendorong agar pertumbuhan perekonomian kita terus meningkat. Dan tidak terpuruk atau mengalami inflasi seperti negara lain di dunia.

Padahal di era SBY itu banyak proyek mangkrak. Ada sekitar 34 proyek mangkrak. Bahkan kerugian negara mencapai triliun rupiah, akhirnya pernyataan Ibas  meroketnya  ekonomi di masa SBY jadi membingungkan. Rugi triliun rupiah kok bisa meroket? Silakan dijawab ya.

Menurut Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan pada 25 Juni 2015 lalu, pemerintah menemukan beberapa proyek infrastruktur yang mangkrak,  nilainya mencapai US$ 11 miliar atau sekitar Rp 143 triliun.

Proyek mangkrak itu diantaranya adalah 20 proyek Pelabuhan yang mangkrak diberbagai daerah di Indonesia, 34 proyek Pembangkit Listrik yang mana dari total 34 proyek tersebut 12 proyek sudah tidak bisa dilanjutkan sehingga menyebabkan kerugian negara mencapai 3,76 triliun rupiah, proyek Jalan Tol, proyek kereta api, proyek bandar udara.

Baca juga : Rocky Gerung: SBY Tanpa Omnibus Law, Ekonomi Tumbuh 6 Persen

Ini baru sebagian sebenarnya masih banyak, tidak elok kalau semuanya diuraikan satu persatu, nanti jadinya tidak bisa meroket lagi ke langit, tapi meroket ke tanah.

Intinya jangan saling sindir menyindir bila tidak ingin disindir. Silakan memberikan kritikan bila itu ada solusi dan cara yang baik. Berikan kritik bila pandemi  Covid-19 telah tiada. Karena pandemi ini bencana yang tidak bisa dihindari tapi dihadapi. Sekian!

(Oleh Adam Nusantara)

KOMENTAR
902 Shares
Tweet
Share902
Share
Pin