Waspadai Pengidap Penyakit Asma bila Terinfeksi Covid-19 Seperti Rina Gunawan

Radamuhu.com — Aktris senior Rina Gunawan dikabarkan meninggal dunia setelah positif Covid-19. Istri aktor dari Teddy Syach itu, ternyata juga memiliki penyakit penyerta, yaitu asma. Lalu, seberapa besar risiko penderita asma terpapar virus Covid-19?

Dilansir laman Statnews, sebuah penelitian yang berkembang tentang Covid-19 menunjukkan, bahwa hubungan virus dengan asma jauh lebih kompleks daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Baca Juga: Sebelum Meninggal Beri Tanda pada Teddy Syah, Rina Gunawan: Sampai Jannah Bersamamu

Kemudian para peneliti mengidentifikasi kondisi umum di antara pasien paling sakit, khususnya terfokus pada kondisi paru-paru, termasuk penderita asma.

Hal ini dapat memungkinkan, seseorang yang terkena corona dapat menyebabkan peradangan paru-paru yang parah, dan virus lain dapat memicu serangan asma yang berbahaya.

Gayatri Patel, seorang dokter dan ahli alergi dan imunologi di Northwestern University mengatakan, bahwasannya penderita asma yang terpapar Covid-19 lebih berisiko. Serta harus mendapatkan perawatan instensif dan steril.

Baca Juga: Aktris Senior Farida Pasha Pemeran Mak Lampir Meninggal Dunia

“Pasien covid-19 dengan asma kemungkinan akan lebih buruk,” katanya, dilansir Sindonews.

Sementara itu, Sharon Chinthrajah, seorang ahli alergi dan peneliti di Pusat Penelitian Alergi dan Asma Sean N. Parker Stanford menyimpulkan, bahwa tidak semua penderita asma yang terpapar Covid-19 akan mengalami hal sama.

“Tidak semua penderita asma sama,” terangnya.