Meninggal karena Covid-19, Ini Sosok Birgaldo Sinaga di Mata Para Sahabat: Sungguh Seorang Pejuang Kemanusiaan

Radamuhu.com — Birgaldo Sinaga meninggal dunia. Birgaldo Sinaga adalah pegiat media sosial (medsos) yang sosoknya dikenal dekat dengan kegiatan kemanusiaan. Para sahabatnya mengaku merasa kehilangan.

Birgaldo meninggal dunia pada hari ini. Sosoknya dikenang oleh para sahabatnya seperti Denny Siregar, Permadi Arya, hingga Niluh Djelantik.

“Perbedaan pendapat yang pernah terjadi diantara kami tidak akan pernah bisa menghapuskan jejak bahwa kami pernah bersama.. @birglado_sinaga sudah berpulang. Istiraharlah dalam damai, kawan. Kamu pergi duluan,” tulis Denny Siregar melalui akun Instagram pribadinya seperti dilihat, Sabtu (15/5/2021). Dia juga menambahkan emoticon menangis dalam tulisannya di Instagram.

Senada dengan Denny, Permadi Arya atau Abu Janda juga mendoakan kepergian Birgaldo di akun Instagramnya sambil mengunggah video terakhir dia bernyanyi dengan Birgaldo. Abu Janda menyebut Birgaldo adalah sosok yang mampu membuat pemerintah menerbitkan kebijakan.

“Mengenang bang @birgaldo_sinaga , bang Birgaldo badannya tinggi besar, 182cm kira2 sama tinggi dengan aku. Orangnya suka ngegas (batak kali lah) tapi kalo aku gas balik baperan ngambek 😅 jadi meski besar tapi bang Bir (panggilan akrabnya) ini hatinya lembut 😊. Bang Birgaldo mungkin satu2nya influencer yang pernah mampu membuat pemerintah menerbitkan kebijakan, saat dia perjuangkan kasus malpraktek bayi Debora yang membuat Menkes menerapkan kebijakan baru pada Rumah Sakit agar kasus sama tak terulang.. sungguh seorang pejuang kemanusiaan 💪,” kata Abu Janda.

“Sekarang bang Birgaldo telah pergi di usia masih sangat muda (belum lagi kepala 5), covid semakin ganas gaes, jangan pernah anggap remeh.. stay safe, jaga prokes, masker selalu on. Rest in Peace bang Bir my brother, semoga amal ibadahmu diterima di sisi-Nya, aamiin 🙏 In Memoriam: sebuah lagu parodi yang aku, bang Bir, dan @ekokuntadhi bikin untuk seorang pak tua yang biasa kita juluki Sengkuni,” sambungnya.

Lalu ada Niluh Djelantik, dia salah satu sahabat Birgaldo sama dengan Abu Janda dan Denny Siregar. Niluh bahkan membuat rekening khusus yang dia umumkan melalui Instagram pribadinya untuk memberikan tali kasih kepada putri Birgaldo.

“Hari Senin, Mbok Niluh akan membuka satu rekening khusus untuk kesayangan yang berkenan memberikan tali kasih pada putri Almarhum Bir dan istri. Seluruh dana yang masuk akan diserahkan kepada istrinya dan dilaporkan secara transparan. Selamat jalan sahabatku @birgaldo_sinaga. Jasa dan pengabdianmu tak akan kami lupakan. Tugasmu di bumi telah usai. Temani perjuangan kami dari sana hingga kita bersua kembali. Kami akan jaga Baby K dan istrimu tercinta. Itu janjiku,” tulis Niluh.

Tidak hanya para pegiat medsos saja, ucapan duka juga disampaikan oleh Komisaris PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan mantan Menparekraf Triawan Munaf. Keduanya mengucapkan terima kasih kepada Birgaldo Sinaga.

“Turut berdukacita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Saudara @birgaldo_sinaga. Terima kasih atas dukungannya kepada saya selama ini. Kiranya Tuhan memberikan kekuatan serta penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkan. Rest in peace,” tulis Ahok.

Sementara itu, Triawan menilai sosok Birgaldo adalah sosok yang berani dan memiliki wawasan luas. Triawan juga menyebut Birgaldo Sinaga pahlawan kemanusiaan.

“Keberanian, ketajaman, wawasan dan hati nuranimu dalam tulisan-tulisanmu selama ini bagi saya menunjukkan kualitas dan kecintaanmu kepada bangsa dan negara sebagai seorang PAHLAWAN kemanusiaan. Selamat jalan Bung Birgaldo,” tulis Triawan Munaf dalam komentarnya di akun Facebook Birgaldo Sinaga.

Birgaldo meninggal dunia pada hari ini. Selama hidupnya, Birgaldo dikenal sosok yang dekat dengan kegiatan kemanusiaan. Dia pernah mendampingi kasus bayi Tiara Debora Simanjorang (4 bulan) meninggal dunia karena diduga terlambat mendapatkan penanganan di RS Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat.

Dia juga dikenal sebagai pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Birgaldo sempat ikut aksi saat mengawal kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok. (detik.com)

KOMENTAR