Waduh, Jalan Waingapu-Kiritana Sumba Timur Nyaris Putus

Ruas jalan Waingapu menuju Desa Kiritana, Kecamatan Kambera Kabupaten Sumba Timur nyaris putus. Ruas jalan ini mengalami longsor berat pada saat bencana alam banjir akibat Siklon Tropis Seroja.

Pantauan POS-KUPANG.COM, Sabtu 24 Juli 2021, ruas jalan yang mengalami longsor ada di antara  Dusun I dan Dusun II Desa Kiritana.

Jalan yang longsor itu berada persis di sepanjang daerah aliran sungai. Longsoran itu juga ada yang sudah sampai ke bahu jalan, bahkan badan jalan.

Sejauh mata memandang ada titik yang nyaris putus. Sisi sebelah jalan langsung tebing sungai dan sisi sebelahnya tebing kaki gunung.

Nampak tiang-tiang listrik baru terpasang beberapa waktu lalu, karena tiang listrik sebelumnya roboh akibat longsor dan juga yang  terbawa banjir.

Sepanjang jalan yang mengalami longsor, tidak kelihatan lagi aspal, karena tertutup lumpur dan pasir.

Kendaraan yang melintas harus berhati-hati, apalagi ketika nanti di musim hujan.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sumba Timur, Yulius Ngenju, S.T mengatakan, kondisi jalan ke Kiritana mengalami kerusakan saat bencana banjir bandang dan Badai Seroja pada April 2021.

“Terkait ruas jalan  Kiritana memang kondisinya kemarin sudah sangat parah. Bahkan, saat bencana itu aksesnya sudah putus,” kata Yulius.

Menurut Yulius, akibat bencana banjir dan terjadi luapan air sampai menutup badan jalan, sehingga banyak sekali material pasir dan lumpur yang menutup badan jalan.

“Jadi saat itu akses jalan sudah putus dan saat itu kami minta bantuan ke teman-teman rekanan sehingga membantu dengan alat berat membersihkan jalan dari pasir dan lumpur,” katanya.

Bahkan lebih lanjut, dikatakan, longsoran yang terjadi di tebing juga langsung digali agar memperlebar ruas jalan yang longsor.

“Sementara untuk pengerjaan rehabilitasi jalan itu, tentu kita programkan lagi di tahun 2022 mendatang. Karena tidak bisa kita biarkan begitu, apalagi kalau musim hujan akan lebih riskan,” katanya. (poskupang.com)

KOMENTAR
0 Shares
Tweet
Share
Share
Pin