Praktik Ubah Jenazah Jadi Kompos di Amerika Serikat dan Ladang Mayat FBI

Radamuhu.com – Dua negara bagian di Amerika Serikat, yakni Washington dan Colorado, mulai tahun ini melegalkan praktik mengubah jenazah manusia menjadi pupuk kompos.

Alasan sejumlah pelaku menawarkan pengubahan jenazah manusia menjadi kompos adalah memangkas biaya pemakaman, menghemat penggunaan tanah buat pemakaman hingga pelestarian lingkungan.

Ada sejumlah usaha yang menawarkan jasa mengubah jenazah manusia menjadi kompos. Prosesnya pun dilakukan dengan berbagai cara.

Di sisi lain, di Amerika Serikat juga terdapat sejumlah lokasi yang dijadikan Ladang Mayat (Body Farm). Bahkan salah satunya dikelola lembaga penegak hukum AS, Biro Penyelidikan Federal (FBI).

Menurut penjelasan dilansir laman FBI, kebun mayat itu terletak di Pusat Forensik Antropologi di Fasilitas Penelitian Antropologi di Knoxville, Tennessee. Luasnya sekitar 2.5 hektare.

FBI bekerja sama dengan Universitas Negeri Tennessee dalam mengelola ladang mayat itu.

Pusat penelitian itu dibuka pada 1981. Ladang mayat itu menjadi salah laboratorium bagi para agen forensik FBI buat meneliti pengaruh alam dan proses pembusukan jasad manusia di atas dan di dalam tanah.

“Semua penelitian yang dilakukan di sini adalah demi memberi keuntungan bagi proses penegakan hukum dan buat menelaah lebih jauh ilmu forensik,” kata Direktur Pusat Forensik Antropologi Universitas Negeri Tennessee, Dawnie Wolfe Steadman.

Identitas jasad manusia yang dikubur di lokasi ada yang memang sengaja disumbangkan melalui wasiat atau keluarga mendiang, jenazah korban kejahatan atau mayat tanpa identitas.

Jasad manusia yang disumbangkan itu digunakan buat kebutuhan riset dalam berbagai kondisi.

Menurut laporan Forbes, di AS tercatat ada enam kebun mayat buat keperluan penelitian. Selain di Knoxville, kebun mayat itu berada di Universitas Western California, Universitas Negeri Texas, Universitas Negeri Sam Houston, Universitas Southern Illinois-Carbondale dan Universitas Colorado Mesa.

Selain di lokasi penelitian yang dikelola kampus, kebun mayat juga terdapat di negara bagian Florida, Wisconsin dan Pennsylvania. (cnnindonesia)

KOMENTAR
0 Shares
Tweet
Share
Share
Pin