Situs Rumah Adat Parona Baroro di Kodi Bangedo-SBD Terbakar, 8 Rumah Ludes Dilalap Api

Radamuhu.com – Setelah kampung Halaka Dana tertimpa musibah kebakaran kini tahun lalu, kini Situs Rumah Adat Parona Baroro di Desa Waikaninyo, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) kembali mengalami nasib serupa. Sebanyak 8 rumah adat yang sudah berumur tua ludes dilalap api.

Pantauan Victory News di lokasi, rumah yang terbuat dari bambu dan beratap alang-alang hanya menyisahkan tiang di tengah mengeluarkan api dan asap putih. Warga pun terlihat hadir di lokasi untuk membantu memadamkan api.

Kepala Desa Waikaninyo, Alfonsus E.R Peka menyebut kebakaran ini disinyalir akibat petir saat hujan deras siang tadi.

“Akibat petir dan kejadian sekitar jam satu setelah hujan deras tadi. Untuk sekarang kita masih data warga dari 8 rumah adat ini dan masih upayakan pemadaman,” katanya, dilansir victorynews.id.

Sedang untuk warga yang tertimpa musibah saat ini akan menginap sementara di rumah warga. Sembari menunggu bantuan dari desa ataupun bantuan dari pihak lainnya dengan kerugian berkisar Rp5 Miliar.

Tokoh adat di kampung Parona Baroro, Paulus Uru Awa mengaku kejadian yang menimpa kampungnyai begitu cepat. Upaya telah dilakukan tapi sia-sia.

Pasalnya, mobil tangki yang diharapkan bisa memadamkan api tidak mampu berbuat banyak akibat keterbatasan alat.

“Kami sudah coba segala upaya tapi tidak bisa. Ini pelajaran buat kita dan pemerintah supaya segera mengadakan kendaraan pemadam kebakaran agar kejadian serupa tidak terjadi lagi,” katanya.

Dia mengatakan, bila perlu setiap kecamatan punya satu agar tidak sampai menghabiskan semua rumah adat. Apalagi bagi yang masih memegang teguh adat istiadat,” tegasnya.

KOMENTAR